Koramil Besuki, Polsek Besuki dan Muspika Kecamatan Besuki Bersama Masyarakat Gotong Royong Bersihkan Sungai di Desa Pesisir

SITUBONDO/Besuki, teropongreformasi.com – Dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional 2021, Koramil 0823/11 Besuki, Polsek Besuki, Muspika Kecamatan Besuki, Kepala Desa Pesisir, dan Perangkat Desa, Kepala DLH, Kabid Pengelolahan Sampah, Kasi Pengolahan Sampah, Kasi Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup, Kasi Trantib, dan anggota, Tagana dan  dibantu warga masyarakat secara bergotong royong melakukan karya bakti pembersihan sampah di sekitar Pusat Pelelangan Ikan (PPI), pesisir pantai dan muara sungai di Dusun Lesanan Kidul Desa Pesisir Kecamatan Besuki Kabupaten Situbondo Jum’at  (18/3/2021).

Gotong royong yang dipimpin langsung oleh Kepala DLH Cholil, Sp.Mp. sebagai Kepala Dinas Lingkungan Hidup, kegiatan sosial membersihkan sungai itu mengangkat sejumlah material berupa sampah dan tanaman semak belukar untuk dibawa ke darat dan diangkut  menggunakan kendaraan truk guna normalisasi aliran sungai dan kebersihan lingkungan.

“Dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional Tahun 2021, kami bersama-sama masyarakat sekitar bergotong royong membersihkan sungai, ini sebagai bentuk kepedulian TNI-POLRI dalam turut serta menjaga lingkungan, khususnya aliran sungai yang melintasi permukiman penduduk di kelurahan Lesanan Kidul Desa Pesisir yang keberadaannya cukup vital” terang Sertu Martopo, anggota Koramil 0823/11 Besuki.

Lebih lanjut Sertu Martopo berharap mudah-mudahan kegiatan ini dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat di sekitar sungai untuk turut peduli dan menjaga, minimal dengan tidak membuang sampah ke sungai, “ucapnya”.

Sementara itu Camat Besuki Suriyatno, SH. mengatakan bahwa kegiatan gotong-royong bersama ini untuk memotivasi masyarakat bekerja sama, mengingat gotong-royong adalah nilai dari kebudayaan dan ciri khas bangsa Indonesia. Dengan semangat gotong-royong menimbulkan kebersamaan, keakraban, rasa persaudaraan serta meningkatkan rasa aman, tentram di lingkungan masyarakat, “ujarnya”. (meyyudi wagiantok)

(Visited 336 times, 23 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *