Tim medis UPT Puskesmas Panji Melakukan Pemeriksaan tes HIV dan PTM Kepada Semua Karyawan

SITUBONDO, teropongreformasi.com – Kepedulian terhadap HIV dan AIDS,hal ini UPT Puskesmas Panji mengadakan pemeriksaan kebugaran PTM dan HIV kepada semua karyawannya melalui kegiatan konseling tes HIV.

Pengobatan mencegah serta melindungi diri, keluarga, masyarakat dari HIV dan AIDS di halaman Puskesmas Panji, (12/3/2021).

Dalam Kegiatan tersebut diawali dengan tes kebugaran melaui Rockport menempuh jarak 1,6 Kilometer, lalu dilanjutkan tes PKM dan HIV dengan pemeriksaan rapid test kesluruhan.

Lanjut dalam komentarnya Kepala UPT Puskesmas Panji Bagus Sulaksono, S.Kep., M.Si.,juga menyampaikan pelaksanaan kegiatan pemeriksaan kebugaran, penyakit tidak menular (PTM) dan HIV selalu di lakasanakan rutin diadakan setahun sekali kepada seluruh karyawan Yang ada di Puskesmas Panji guna tindakan preventif. Terkait tes PTM dengan cara memeriksa tensi, tinggi juga berat badan, pemeriksaan gula darah, kolestrol serta mengukur lingkar perut, karena menjadi standard yang harus dipenuhi.

Dan Jika ditemukan ada karyawan yang mengalami PTM maka setelah pemeriksaan, petugas medis akan segera melakukan pengobatan dan menganjurkan sering berolah-raga.

Sehingga untuk pemeriksaan HIV kepada karyawan Puskesmas Panji setiap tahun bertujuan agar selalu mengecek kondisi tubuhnya khawatir tertular dengan penyakit tersebut, apalagi sering berinteraksi dengan pasien,juga penggunaan alat medis seperti jarum suntik dan lain lain.

“Cara agar tidak menghindari penularan HIV yang pertama melalui hubungan seksual (sex bebas), kedua adalah kontak darah seperti jarum suntikan, transfusi dan luka, ketiga berasal dari ibu hamil ketika terpapar HIV lalu ditularkan kepada bayinya saat proses mengandung, persalinan dan menyusui,” paparnya.

Terkait gejala awal penyakit HIV tidak ada tanda gejala, tapi ketika masuk fase AIDS sudah ada gejala seperti menyerang imun tubuh berakibat mudah terserang penyakit.

Bagi pasien yang ditemukan terinfeksi HIV dilakukan konseling dahulu untuk memperkenalkan obatnya seperti ARV.

Bagi masyarakat Situbondo khususnya di Kecamatan Panji dihimbau jauhi sex bebas agar tidak tertular penyakit Yang mematikan seperti HIV,” harapnya.

Bagus kepala UPT puskesmas panji juga menambahkan, setelah melakukan pemeriksaan PTM dan HIV kepada karyawan Puskesmas Panji dilanjutkan dengan pemeriksaan kepada masyarakat dengan cara mengunjungi lintas sektoral di Kecamatan Panji kabupaten situbondo. Ujarnya (sup)

(Visited 70 times, 17 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *