Rumah Sakit Sumber Glagah Lakukan Pemeriksaan Penderita

SITUBONDO, teropongreformasi.com – RS Sumber Glagah berkomitmen dalam pelayanan yang merupakan kegiatan rutin melakukan atau 1 bulan sekali sebagai wakil seluruh Puskesmas di kabupaten Situbondo, untuk ini  kami melakukan bakti sosial. 

Masalahnya ada di kabupaten kota wilayah binaan kami terutama kabupaten tapal kuda Jawa timur wilayah timur ada 20 kabupaten kota termasuk Situbondo ini juga kami layanin untuk pelayanan pengobatan penderita kusta jadi alternatif secara fisik, memang melakukan setidaknya 2 bulan sekali ke sini tapi kami harapkan petugas Puskesmas ini juga belajar untuk menginformasikan membantu pasien untuk perawatan dirinya.

Sehingga saat kami datang pasien tersebut sudah mulai membaik dan tidak bisa langsung satu bulan kemudian saya datang ke sini nggak ada kegiatan apa tapi ada kegiatan, maka dari itu perawatan sepatutnya masyarakat sendiri secara rutin melakukan perawatan diri dan apabila kalau memang ada kecacatan ya kami bantu mungkin ada kaki palsu, tangan palsu dan sebagainya dari promotif preventif kuratif rehabilitatif kalau di pelayanan di sini,tapi kalau untuk pelayanan kaki palsu dan kami ada rujukan BPJS.

Hal ini UPT Puskesmas Kecamatan Panji mendapatkan kunjungan rutin dari Rumah Sakit Sumber Glagah Mojokerto sejak awal tahun 2019, untuk melaksanakan kegiatan pemeriksaan bagi pasien penderita kusta sekaligus pemasangan avo, alat bantu cacat disebabkan kusta dan bedah rekontruksi, Rabu , (10/3/2021). 

Sedangkan MoU antara Dinas Kesehatan Situbondo, Puskesmas Panji dan RS Sumber Glagah sudah dilaksanakan pada akhir tahun 2018 lalu, saat ditemui awak media, ikbal selaku PJ Kusta Puskesmas Kecamatan Panji menjelaskan bahwa penderita kusta cacat tingkat 2 akibat terbagi menjadi tiga macam, yang pertama kusta dengan reaksi berat, kedua kusta reaksi berulang apabila setelah diobati tetapi masih tetap kambuh kembali dengan penanganan bedah rekontruksi dan ketiga kusta komplikasi dengan penyakit penyerta.

Selain ada kunjungan rutin dari Rumah Sakit Sumber Glagah, Puskesmas Panji juga melaksanakan pertemuan rutin kelompok perawatan diri (KPD) dilakukan Rendam Gosok Oles (RGO) serta kegiatan pengembangan – pengembangan keterampilan bagi penderita kusta yang terdaftar di Puskesmas Panji.

Adapula inovasi (gerdu ngokhos) yaitu gerakan terpadu ngorangaghi kusta. “Jadi selama ini penderita kusta diayomi serta di ajak komunikasi, minimal tidak terstigma oleh dirinya sendiri ataupun dari orang lain, karena mereka kebanyakan tidak mampu merawat dirinya, bersosialisasi dan tidak mampu bekerja,” jelasnya.

Dan dirinya juga menambahkan saat ini pelaksanaan pemeriksaan kusta ditengah pandemi Covid-19, maka pasien penderita kusta yang akan diobati harus patuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak dan cuci tangan terlebih dahulu ditempat yang sudah di sediakan. Total pasien binaan Puskesmas Panji penderita kusta sebanyak 17 orang.

Dalam setiap tahun Puskesmas Panji dan juga RS Sumber Glagah melakukan pembaharuan MoU pada Bulan Januari, dalam setahun pelaksanaan pemeriksaan lanjutan penyakit kusta sebanyak enam kali dan pasien diterapi terlebih dahulu disetiap Puskesmas di daerahnya masing-masing sebelum dirujuk ke RS Sumber Glagah,berharap kunjungan kami ke upt puskesmas panji yang ada di kabupaten situbondo ini  kedepanya tidak bertambah dan pasian yang sekang ini semoga diberikan kesembuhan .ujarnya. (sup)

(Visited 63 times, 19 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *