Program Kemenhan Pangan Mou Dan Kemempan Di Desa Rajek Wesi Kecamatan Kendit Kabupaten Situbondo

SITUBONDO, teropongreformasi.com – Mengungkapkan bahwa kekuatan ketahanan pangan tidak kalah pentingnya dengan kekuatan senjata, terlebih dalam mengjadapi situasi saat ini seperti dampak akibat dari pandemi covid -19 untuk itu Kabupaten Situbondo harus memiliki cadangan pangan yang memadai. Hal tersebut diungkap Kasdim 0823 Situbondo Mayor Inf Sampak dan sekalian memimpin acara tersebut di Balai Desa Rajek Wesi Kecamatan Kendit Kabupaten Situbondo.

Turut hadir Danramil 0823 / 06 Kendiy Kapten Inf Joni K, Babinsa Koramil Kendit, Bahbinkabtimas Polsek Kendit, Kadis Perternakan Situbondo Drh. Muhammad Hasanudin Riwansia, Sekdis TPHP Situbondo Wiyatno Utomo, Kadin Situbondo Taufik Hadi S., Muhammad Agus Nublaili,SE, Perternakan Desa Rajek Wesi Muhammad As’adi Ridha, dan Staf Kecamatan Kendit.

Sorgum menjadi salah satu pangan dan pakan alternatif di Situbondo, Jawa Timur masyarakat bisa membudi dayakan sorgum untuk pakan ternak.
Salah satu kegiatannya budi daya tanaman sorgum di Desa Rajek wesi Kecamatan Kendit Kabupaten Situbondo pada lahan 160 hektar, dinas terkait yang terlibat antara lain Dinas Tanaman Pangan Hertikultura dan Perkebunan (TPHP), Dinas Perternakan, serta Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Situbondo.

Pemerintah Daerah untuk mengembangkan antara Budi Daya Tanaman Sorgum dengan Sektor Perternakan melalui penanaman sorgum, diharapkan ketersediaan pakan yang murah dan berkualitas dapat terpenuhi, sedangkan sumber unsur hara bagi tananaman sorgum dapat tersedia melalui pengolahan limbah ternak menjadi pupuk organik.

Sekdis TPHP Situbondo Wiyatno Utomo berharap, budi daya tanaman sorgum di Desa Rajek Wesi dapat terlaksana dengan baik, akan dilakukan pengembangan budi daya sorgum pada lahan kering / marginal serta memberikan jaminan pasar sebagai solusi untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani.

Pemanfaatan sorgum sebagai sumber pangan dan pakan ternak telah banyak beredar di masyarakat, sebagai bahan pangan, sorgum memiliki kandungan nutrsari yang tinggi, bahkan kadar proteinnya lebih tinggi dari beras sorgum memiliki kadar protein 11% lebih tinggi dibangdingkan beras yang hanya mencapai 6,8%.

Kandungan nutrisi mikro lain yang dimiliki oleh sorgum adalah kalium, besi, fosfor, serta vitamin B sebagai pakan ternak, biji sorgum biasanya untuk bahan campuran ransum pakan unggas,sedangkan batang dan daun banyak digunakan untuk ternak duminansia”,tutur Kadis Perternakan Drh udin. (irwn)

(Visited 48 times, 22 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *