Nekat Buka “Tempat Hiburan” di Tengah Pandemi, Seperti Ini Aksi Giat Sosial Rt. 01/ Rw. 20 Kelurahan Mimbaan – Kecamatan Panji

SITUBONDO, teropongreformasi.com – Sudah menjadi sebuah tradisi yang mengakar sebagai ciri khas warga kampung, ialah suka mendukung penyelenggaraan giat sosial. Untuk melakukan kegiatan positif seperti itu, secara rutin ditiap minggu pagi warga Rt:01/ Rw:20 Kelurahan Mimbaan Kecamatan Panji Kabupaten Situbondo, nampak bersinergi kompak dalam menciptakan lingkungan yang sehat, bersih, rapi dan nyaman. Minggu (28/02/21)

Event unik yang dimotori oleh Budiono (Ketua Rt:01 Rw:20) dirasakan mampu menggugah gairah jiwa kesadaran bersosialisasi bagi para penduduk nya. Sanggup menghantarkan perasaan bahagia dan membantu memberikan semangat dalam memupuk dan menanam kebersamaan untuk terus menjalani kerukunan, dalam giat sosial masyarakat yang ada di wilayahnya.

“Kegiatan ini biasa dilakukan oleh warga masyarakat secara bersama-sama, sudah empat kali kami mengadakan giat sosial semacam ini. Dengan maksud tujuan agar bisa terjaga makna tenggang rasa serta keharmonisan di lingkungan yang pelaksanaannya kami lakukan secara bergotong royong.” Ungkap Budiono memaparkan.

Dalam pantauan awak media, banyak warga berpartisipasi turut hadir. Mereka berkecimpung dan bergerak bersama berbondong-bondong menuju aktivitas di minggu pagi yang telah dipersiapkan. Hal itu dinilai akan membawa manfaat, bagi kesehatan tubuh dan mental secara alami.

Meski barometer masa pandemi Covid-19 belum menunjukkan tanda-tanda telah berakhir, akan tetapi terobosan yang dibuat warga bersama ketua Rt:01 Rw:20 tersebut dapat menghadirkan hiburan tersendiri bagi warganya dengan tetap mengikuti protokol kesehatan, sehingga hal itu tidak akan memunculkan cluster-cluster baru Covid-19.

Budiono menjelaskan, “Masyarakat seperti nya mulai haus akan hiburan, setelah sekian lama tidak ada kegiatan seperti Car Free Day yang dapat mereka nikmati. Untuk itu warga Rt:01/ Rw:20 Kelurahan Mimbaan Kecamatan Panji mengadakan giat sosial kerja bakti dan senam sebagai penghilang rasa penat yang mereka hadapi di tengah keterbatasan dalam bersosialisasi. Akibat pandemi Covid-19 yang sudah lebih dari satu tahun ini berlangsung.” Terangnya.

Menurut pengamatan wartawan, di tengah pandemi yang rentan memicu terjadinya stres, alternatif cara lain yang menyenangkan seperti ini dibutuhkan manfaatnya untuk kesehatan masyarakat di tingkat Rt (Rukun Tetangga). Aktifitas menarik tersebut disinyalir bisa menumbuhkan semangat baru bagi para warga. Dapat meningkatkan kesehatan badan dan menurunkan rasa cemas, sehingga bisa meningkatkan kualitas hidup agar lebih berproduktif.

Selain itu Budiono juga mengatakan kan, “Dalam acara ini, kami mengawali kegiatan dengan acara senam pagi sehat. Kami lanjutkan dengan kegiatan sosial yang lain seperti kerja bakti atau mengunjungi warga-warga yang kurang mampu, mengunjungi kaum duafa dan yatim piatu. Ini adalah program di wilayah Rt kami. Selain itu, jika diketahui ada warga yang sakit, maka prioritas kami disela kegiatan ini bisa melakukan kunjungan kebersamaan untuk menjenguknya.” Paparnya.

Disaat awak media bertanya persoalan dana didapat dari mana, Ia menegaskan, “Dana kami peroleh, dari sukarelawan dan swadaya masyarakat. Dana tersebut untuk membayar instruktur senam, membeli camilan, kue, dan air minum. Usai senam, kami melaksanakan kegiatan bakti sosial di lingkungan. Dan kami akhiri dengan acara “Garden Party” ala Rt:01/Rw:20 sebagai penyemangat untuk warga. Sebagian kelebihan uang tersebut, juga masuk ke dana kifayah. Walaupun setiap malam Jumat ada tarikan dana untuk peruntukan kifayah.” Tuturnya.

Tidak hanya itu, hal ini senada dengan ungkapan yang disampaikan A Long (60) warga setempat, “Semoga kegiatan ini diharapkan mampu menjadi penyemangat keharmonisan dalam bertetangga ditengah pandemi. Karena dalam kegiatannya ini, kita dapat memanjakan diri dengan para warga dalam sebuah komunikasi. Walaupun ada pengaruh besar dampak perekonomian, namun warga tetap bisa menjaga agar lingkungan nampak terasa lebih indah, bersih dan rapi. Hari minggu yang sebelum nya, warga kami sudah menanam tanaman hias sebanyak seribu pot bunga dipekarangan rumah dan pinggir jalan.” Katanya kepada media mengakhiri. Sembari meneguk air di botol kemasan yang berada dalam genggamannya.

Sementara itu salah satu warga yang juga menjadi ketua umum DPP LPP (Lembaga Pemberdayaan Publik) Dani Fhitaman menyampaikan, “Kami sebagai warga Rt:01/ Rw:20 Kelurahan Mimbaan – Kecamatan Panji sangat mendukung terlaksananya kegiatan Rt dilingkungan kami. Dengan adanya kegiatan tersebut, maka akan menciptakan semangat dan rasa kebersamaan yang tinggi. Dalam mencari hiburan secara sehat, kami tetap dalam koridor Prokes Covid 19. Dengan terselenggaranya kegiatan-kegiatan yang layak dilaksanakan seperti ini, semoga ke depannya bisa dilakukan secara konsisten agar kebersihan, keindahan dan kerapian lingkungan bisa terjaga. Di samping itu aktivitas ini akan menumbuhkan sikap gotong royong, kerukunan, kekompakan antar warga di wilayah Rt kami.” Bebernya.

Ia menambahkan, Semoga hal ini dapat memberi inspirasi bagi masyarakat dilokasi yang lain. Wilayah Rt adalah lapisan tersempit atau lingkungan terkecil, dimana kemajuan sebuah bangsa dan negara, itu bisa dilihat berangkat dari kemajuan lapisan tersebut. Ini cara kami untuk meningkatan kebersihan dan kesehatan lingkungan. Bisa terwujud karena adanya swadaya masyarakat yang sukarela, tanpa bantuan dari Pemerintah Daerah. Namun jika ada pihak terkait turut serta membantu guna menunjang pembangunan dan kemajuan khususnya dilingkungan kami, maka kami tidak akan menampiknya.” Tutupnya. (S/A)

(Visited 89 times, 17 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *