Dampak Erupsi Gunung Merapi, Perternak Sapi Di Desa Tegal Mulyo Klaten Dipasok Bantuan Pakan

SITUBONDO, teropongreformasi.com – Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan (DPK PP) Klaten Jawa Tengah menyuplai pakan ternak ke Desa Tegal Mulyo Kecamatan Kemalang Kabupaten Jawa Tengah, suplai pakan ternak sorghum dari Dinas Perternakan Kabupaten Situbondo Jawa Timur, beberapa hari wilayah Desa Tegal Mulyo di guyur hujan abu, dampak erupsi gunung merapi.

Jumlah pakan ternak yang sudah diberikan sepuluh ton pakan ternak sorghum, pakan ternak sudah dikirim dua truk berisi pakan ternak sorghum.

drh Awik Kasi Perternakan mengatakan, rerumputan yang biasa menjadi pakan ternak di wilayah Tegal Mulyo selama beberapa hari terhkir tertutup abu, sapi biasanya enggan makan rumput yang bercampur abu, kebutuhannya untuk sekitar 1500 sapi mudah-mudahan ketika turun hujan abu yang menempel pada rumput segera hilang,” tuturnya.

Ternak sapi milik warga di kawasan rawan bencana erupsi gunung merapi di Desa Tegal Mulyo masih berada di perkampungan.

Hujan abu berdampak ke petani dan perternak sapi di wilayah Desa Tegal Mulyo pada pertanian, abu vulkanik yang menempel bisa merusak tanaman.

Di perternakan, rumput yang bercampur abu vulkanik berdampak nafsu makan ternak menurun, sudah ada bantuan sepuluh ton pakan ternak sorgjum dari Dinas Perternakan Kabupaten Situbondo yang kondang dipanggil Bp udin Jawa Timur, yang diterima di Desa Tegal Mulyo Kecamatan Kemalang dari DPK PP Klaten Jawa Tengah .

Di Desa Tegal Mulyo itu ada 1500 sapi dan sapi yang berada di wilayah yang diguyur hujan abu ada sekitar 1000 sapi,” tuturnya. (irwn)

(Visited 86 times, 15 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *