Sosialisasi Program ” PAMSIMAS” Desa Suboh Berjalan Lancar

SITUBONDO, teropongreformasi.com – Air merupakan kebutuhan pokok yang sangat dibutuhkan oleh masarakat baik tingkat bawah,menengah ataupun tingkat atas.

Program Pamsimas yang digulirkan oleh Pemerintah Propinsi anggaran tahun 2020 untuk mengatasi kekurangan air bersih agar kebutuhan air bersih dapat teratasi kususnya di Kampung Karangsukun Desa Suboh Kecamaan Suboh Kabupaten Situbondo.

Sosialisasi Pemanfatan Program Penyedia Air Minum Berbasis Masrakat “PAMSIMAS” agar masalah kekurangan air bersih selama ini di Dusun Karangsukun bisa teratasi.

Berdasarkan sambutan yang disampaikan oleh ibu Kepala Desa Suboh. lebih lanjut beliau mengatakan ” Program ini bukan hanya membangun fisiknya akan tetapi sumber daya manusianya agar masyarakat pemanfaat punya tanggung jawab agar mengikuti aturan yang sudah menjadi aturan diprogram ini ” dalam sambutanya.

Dana Pamsimas dari BLM sebesar Rp. 245 juta rupiah untuk pengadaan jasa dn barang dalam aturan program pamsimas ini harus dikontrakkan kepada PT atau CV yang sudah mengikuti tender sebelumnya.

Kelompok Kerja Masarakat (KKM) “Al Mahfudziah” sebagai penanggung jawab terhadap program ini mempercayakan kpd PT. Alam Guna Nusantara dari Mlandingan, PT tersebut dari segi persyaratan sudah terpenuhi.

Adapun CV yg pernah diundang untuk mengikuti lelang diantaranya CV ” Mirza” Pasuruan CV OASiS Banten.

Selain dana tersebut juga ada dana searing yg bersumber dari Dana Desa sebesar Rp 91.153.000,- untuk penggarapan tandon dengan ukuran 4 kali 4 m tinggi 8.5 m.

Selain sambutan Kepala Desa Suboh para pendamping program ini saudara Badrus mengatakan ” antusias masyarakat Desa Suboh khususnya warga Kampung Karangsukun sangat tinggi ini menunjukkan bahwa kebutuhan air bersih sangatlah dibutuhkan dan harapannya agar masarakat tetap mematuhi aturan yang sudah menjadi aturan di program Pamsimas ini” tambahnya.

Menurut Rahmani salah seorang warga penerima program pamsimas setelah dikonfirmasi oleh awak media ini mengatakan ” Alhamdulillah dengan adanya program ini saya dan keluarga tiak lagi mandi ke sungai apalagi untuk kebutuhan lainnya” akunya.

Dalam sosialisasi tersebut pemerintah desa Suboh tetap mengikuti protokol kesehatan agar terhidar dri penularan virus corona. Menurut sekretaris BPD Desa Suboh Bapak Rofik Hidayat menyampaikan ” saya sangat mendukung adanya program pamsimas ini namun kepada semua pengurus agar program pamsimas ini dijadikan aset desa sekaligus BUMDES agar hasilnya kembali kepada masarakat Desa Suboh”, tegasnya. (saiful haq/rafi)

(Visited 157 times, 18 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *