Desa Macan Putih Kecamatan Kabat Banyuwangi Diterjang Banjir

Banyuwangi, teropongreformasi.com – Curah Hujan di Kabupaten Banyuwangi dengan intensitas yang tinggi di hulu sungai dan merata serta durasi yang lama membuat Daerah Aliran Sungai (DAS) Tambong, Sungai Afvour Kabat menerjang desa yang dilewatinya, Rabu (3/2/21).

Desa Macan Putih Kecamatan Kabupaten Banyuwangi adalah desa yang paling parah diterjang banjir, terpantau hingga pukul 16.00 air baru teridentifikasi sedikit mulai surut dan warga mulai membersihkan material akibat banjir tersebut dengan alat seadanya.

Penyebab dari terjangan banjir ini teridentifikasi material sampah dan bambu yang menyumbat saluran / afvour sehingga air meluap sampai ke pemukiman, sawah dan mengganggu akses jalan.

Walau tidak menimbulkan korban jiwa, namun akibat terjangan banjir ini tercatat 30 rumah tergenang ketinggian 20 – 50 cm dan 2 pagar rumah roboh  serta 3. Jalan desa tergenang sepanjang 1 km setinggi 40 – 100 cm

Saat ini juga warga Desa Macan Putih hanya bisa berkoordinasi dengan instansi terkait BPBD Kab.Banyuwangi, berkoordinasi perangkat desa, monitoring banjir, mendata dan melaporkan dampak banjir yang menerjang desanya tersbut.

Saat tim Media Online Teropong Reformasi ini meliput peristiwa banjir di di Desa Macan Putih ini salah seorang warga berharap  “ Untuk itu kami mohon kepada Ibu Gubernur Jawa Timur untuk membantu memperbaiki saluran yang tersumbat, karena tidak bisa kami bersihkan secara manual karena harus menggunakan alat berat, serta kami juga mohon untuk membantu meringankan warga yang terdampak banjir tersebut”, pungkasnya. (evan rehmanto)

(Visited 113 times, 25 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *