Anggota Jajaran Kodim 1626/Bangli Pantau Perayaan Banyu Pinaruh Di Pura Pecampuhan

BALI, teropongreformasi.com – Perayaan Banyu Pinaruh disambut dengan antusias oleh Umat Hindu di Bali, tak terkecuali oleh Umat Hindu Kodim 1626/Bangli, memanfaatkan perayaan tersebut sebagai simbol untuk membersihkan diri secara rohani dan jasmani.

Berdasarkan keyakinan Hindu Banyu Pinaruh sendiri berasal dari kata Banyu berarti air dan Pinaruh artinya pangeweruh atau pengetahuan. Secara filosofi bermakna membersihkan atau menyucikan diri dengan air ilmu pengetahuan, karena memang pikiran yang kotor atau kegelapan hanya bisa dibersihkan dengan pengetahuan suci.

Dalam pelaksanaan perayaan hari Banyu pinaruh Komandan Kodim 1626/Bangli Letkol Inf I Gde Putu Suwardana S.I.P memerintahkan anggota di jajaran yang wilayahnya terdapat obyek spiritual untuk pelaksanaan banyupinaruh untuk bersinergi dengan aparat terkait melaksanakan pemantauan dan pengamanan serta menrapakan Protokol kesehatan 3 M (Menggunkan Masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak ) kepada masyarakat yg akan melaksanakan melukat Banyu Pinaruh guna untuk memutus penyebaran Covid 19. Minggu (31/01/2021)(meyyudi wagiantok)

(Visited 59 times, 15 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *