Perdana, Sidang Perkara Sengketa Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Manokwari Selatan

PAPUA BARAT, teropongreformasi.com – Perdana Sidang perkara sengketa Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Manokwari Selatan (Mansel) hari ini Kamis, 28/1 dimulai di Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia. Perkara dengan nomor : 42/PHP.BUP-XIX/2020 tersebut berlangsung di lantai 4 Gedung 2 MK dan dipimpin panel hakim yang dipimpin Aswanto.

Hadir dari Pihak Termohon Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mansel Anthon J.Wopari selaku Ketua didampingi Advokat Pieter Welikin selaku kuasa. Kemudian turut hadir pihak Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Mansel dan didampingi Bawaslu Provinsi Papua Barat. Dalam sidang siang ini, pemohon diwakili kuasanya Advokat Habel Rumbiak secara daring dan membatalkan pokok-pokok permohonannya. Intinya, pemohon mohon agar MK membatalkan Surat Keputusan KPU Mansel mengenai hasil pemilihan Bupati-Wakil Bupati Manokwari Selatan.

Pada Kemudian pemohon minta agar MK memerintahkan Termohon mengesahkan Pemohon sebagai peserta pilkada Kabupaten Manokwari Selatan. Serta meminta MK memerintahkan dilakukannya pemilu ulang di Kabupaten Manokwari selatan. Untuk memperkuat dalilnya, pemohon mengajukan 7 (tujuh) alat bukti surat yang sudah diverifikasi dan disahkan di sidang panel oleh Hakim MK.

Sekaligus dalam sidang tersebut, MK telah menerima permohonan pasangan Markus Waran-Wempie Welly Rengkung sebagai pihak terkait. Sehingga mempersilahkan termohon menyampaikan jawabannya beserta keterangan dari Bawaslu Manokwari Selatan dan pihak terkait pada sidang berikut yaitu Jum’at, 5/2 mendatang jam 08:00 wib di MK.Sebagai pihak terkait hadir yaitu Wabup Mansel Wempie Welly Rengkung, SE, M.Si bersama kuasanya Advokat Yan Christian Warinussy dan Advokat Simon Banundi.

Penulis :”Endy©/Tuti AW”

(Visited 72 times, 19 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *