Pos Penjara Belanda Besuki sebuah Nilai Sejarah yang perlu di Lestarikan

Situbondo, teropongreformasi.com

Sedikit yang mengetahui sejarah peninggalan Belanda yang ada di Besuki, terutama bagi anak muda zaman sekarang yang menganggap hal tersebut sudah berlalu.

Salah satunya peninggalan paling bersejarah adalah penjara peninggalan bangunan penjara masa penjajahan Belanda.

Bangunan pos penjara ini terletak di Dusun Rawan Desa Besuki Kecamatan Besuki Kabupaten Situbondo yang sampai saat ini masih tetap kokoh, hal ini membuktikan bahwa Belanda turut berkuasa di Kecamatan Besuki ini.

Dari cerita orang, Bangunan dibangun dan dulunya berfungsi sebagai pos penjara untuk memenjarakan orang – orang, tokoh masyarakat dan siapa saja yang menentang penjajahan Belanda

“Konon, dulunya ruangan ini dijadikan semacam kantor bagi sipir atau pintu masuk penjagaan,” ujar Nara sumber tersebut, Namun kini bangunan tersebut menjadi bangunan yang tidak berguna, sering di pakai orang – orang atau juga para ojek ( jasa Sepeda Motor – Red ) sebagai tempat berteduh saat turunnya hujan dan apabila kebetulan lewat di depan bangunan tersebut.

Bangunan bergaya Eropa dibangun oleh arsitek yang tentunya memiliki ciri khas tersendiri akan tetapi mungkin karena sudah termakan usia maka keadaannya sangat terlihat kalau tidak terawat.

Harapan Masyarakat sebenarnya adalah dari Pihak Pemerintah Kabupaten Situbondo melalui Dinas Pariwisata bisa memberikan perhatiannya dengan merehab atau memperbaiki bangunan tersebut agar masyarakat bisa mengingat nilai sejarah yang masih tetap ada di Kecamatan Besuki, selain itu juga bisa menambah income PAD Kabupaten Situbondo. Buhari/Abdurrahman

(Visited 362 times, 29 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *