Ketua JPKPN DPC Bondowoso Sangat Apresiasi Terhadap Langkah Polres Dan Kodim 0822 Bondowoso dalam Penanganan Covid – 19

Bondowoso, teropongreformasi.com

Ketua JPKPN DPC Bondowoso sangat apresiasi dengan yang di lakukan oleh Polres dan Kodim dalam menangani penyebaran covid-19 dengan membubarkan para remaja di Bondowoso yang nongkrong dan berkumpul di cafe dan sangat mendukung adanya pemberlakuan Social Distace ” Saya sangat Apresiasi dengan apa yang dilakukan oleh pihak Polres dan Kodim mengutamakan keselamatan masyarakat Bondowoso dengan memberikan himbauan dan juga fasilitas umum seperti Bank , para petugas betul betul menjaga dan antisipasi adanya penyebaran Covid-19 seperti di Bank BRI saat saya memasukinya , mulai dari check virus hingga tersedianya gel sanitasi dan penyediaan ruang tunggu yang berjarak dan saya juga turut mendoakan para Awak Media yang terus meliput kondisi terkini di Bondowoso terkait Covid-19 baik pemaparan maupun direct agar selalu di Lindungi Allah dari Corona” seperti yang dirilis oleh awak media Sigap88 dan TR dimana Kemaren para Kepolisian Resort Bondowoso bersama TNI Kodim 0822 membubarkan sejumlah warga yang masih nongkrong di beberapa ruang terbuka dan cafe. Hal itu dilakukan untuk mencegah penyebaran virus Corona, Senin malam (23/03).
Mohammad Agam juga menambahkan ” Seperti yang termaktub dalam Maklumat Kapolri. Saya himbau agar masyarakat Bondowoso yang saya cintai dapat memahami ini, karena memang ini adalah upaya pencegahan penularan di tengah wabah Covid-19,” katanya.

Adapun, Maklumat Kapolri yang dimaksud adalah Maklumat bernomor Mak/2/III/2020 ini diteken langsung oleh Kapolri Jenderal Idham Azis pada Kamis (19/3/2020).

Aparat penegak hukum harus tegas mengkampanyekan maklumat kapolri itu. Bagi yang menghalangi tugas kepolisian terkait maklumat kapolri maka dapat dilakukan tindakan kepolisian

Dasar hukum : UU no. 4 Tahun 1984 tentang Wabah Penyakit

KETENTUAN PIDANA
Pasal 14 ayat 1
Barang siapa dengan sengaja menghalangi pelaksanaan penanggulangan wabah sebagaimana diatur dalam Undang-Undang ini, diancam dengan pidana penjara selama-lamanya 1 (satu) tahun dan/atau denda setinggi-tingginya Rp 1.000.000,- (satu juta rupiah).

Ayat.2
Barang siapa karena kealpaannya mengakibatkan terhalangnya pelaksanaan penanggulangan wabah sebagaimana diatur dalam Undang-Undang ini, diancam dengan pidana kurungan selama-lamanya 6 (enam) bulan dan/atau denda setinggi-tingginya Rp 500.000,- (lima ratus ribu rupiah).

Plus UU 6/2018 Ttg karantina kesehatan.

Pasal 59
(1) Pembatasan Sosial Berskala Besar merupakan bagian dari respons Kedaruratan Kesehatan Masyarakat.
(2) Pembatasan Sosial Berskala Besar bertujuan mencegah meluasnya penyebaran penyakit Kedaruratan Kesehatan Masyarakat yang sedang terjadi antar orang di suatu wilayah tertentu.
(3) Pembatasan Sosial Berskala Besar sebagaimana dimaksud pada ayat (1) paling sedikit meliputi:
a. peliburan sekolah dan tempat kerja;
b. pembatasan kegiatan keagamaan; dan/atau
c. pembatasan kegiatan di tempat atau fasilitas umum.
(4) Penyelenggaraan Pembatasan Sosial Berskala Besar berkoordinasi dan bekerja sama dengan berbagai pihak terkait sesuai dengan ketentuan peraturan perundangan-undangan.

Pasal 93
Setiap orang yang tidak mematuhi penyelenggaraan Kekarantinaan Kesehatan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 9 ayat (1) dan/atau menghalang-halangi penyelenggaraan Kekarantinaan Kesehatan sehingga menyebabkan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat dipidana dengan pidana penjara paling lama 1 (satu) tahun dan/atau pidana denda paling banyak Rp 100.000.000,00 (seratus juta rupiah).

Kemudian Berdasarkan Pasal 152 ayat (1) dan (2) UU Kesehatan, pemerintah, pemerintah daerah dan masyarakat bertanggung jawab melakukan upaya pencegahan, pengendalian, dan pemberantasan penyakit menular serta akibat yang ditimbulkannya untuk melindungi masyarakat dari tertularnya penyakit, menurunkan jumlah yang sakit, cacat dan/atau meninggal dunia, serta untuk mengurangi dampak sosial dan ekonomi akibat penyakit menular. RED

(Visited 73 times, 1 visits today)

One thought on “Ketua JPKPN DPC Bondowoso Sangat Apresiasi Terhadap Langkah Polres Dan Kodim 0822 Bondowoso dalam Penanganan Covid – 19

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *