Situs Batu Tangga Kecamatan Sumber Malang Perlu Penanganan Khusus Pemerintah

Situbondo, teropongreformasi.com

Salah satu Benda Cagar Budaya Era Megalitikum yang terletak di Desa Plalangan, Kecamatan Sumbermalang Kabupaten Situbondo, Propinsi Jawa Timur memiliki keunikan tersendiri dan patut di lestarikan serta sangat patut di viralkan.

Menurut beberapa nara sumber yang memberikan keterangan pada Tim TR yang memantau situs tersebut mengatakan bahwa Situs Batu Tangga lebih diminati oleh masyarakat banyak karena tujuan menuju ke Gunung Argopuro melewati Situs Batu Tangga tersebut. 

Cagar budaya yang dilindungi pemerintah ini terletak di Dusun Binung Desa Plalangan Kecamatan Sumbermalang, Dan telah diakui oleh BPCB Jawa Timur.

Ukuran : panjang 337 m, lebar 221 m, Tinggi 1 ½ m dengan Bahan : Batu Cadas

Di jelaskan juga bahwa seorang pendaki apabila hendak melakukan pendakian dengan memilih jalur masuk melewati Desa Baderan, maka akan melewati, sedangkan apabila pendaki menggunakan jasa transportasi angkutan umum maupun ojek kemudian merasa kebingungan dengan tempat ini maka bisa langsung bertanya dan meminta berhenti sejenak di tempat Situs Batu Tangga ini.

Sampai berita ini di tulis semua pihak sangat mendukung pemerintah Kabupaten Situbondo apabila akan menangani lebih serius terhadap pengembangan Situs tersebut agar lebih di kenal oleh masyarakat luas dan lebih bisa mengangkat keberadaan masyarakat sekitar jalan menuju situs tersebut. ABDURRAHMAN

(Visited 168 times, 9 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *