1.548 Calon Anggota PPS diwajibkan ikut tes tulis di Banyuwangi

Banyuwangi, teropongreformasi.com

Ribuan calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) dari 217 Desa/Kelurahan se-kabupaten Banyuwangi mengikuti tes tulis yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyuwangi, bertempat di GOR Tawangalun, Rabu (04/03/2020) siang.

Ketua KPU Banyuwangi Dwi Anggraeni melalui Pokja Rekrutmen PPK dan PPS, Dian Purnawan mengatakan, jumlah total yang mengikuti tes tulis dari 217 Desa dan Kelurahan se-Kabupaten Banyuwangi ini sebanyak 1.548 orang.

BANYAK : Total 1.548 orang calon anggota PPS saat mengerjakan tes tulis yang diselenggarakan KPU Banyuwangi, bertempat di GOR Tawangalun, Rabu (04/03/2020) siang. (ras)

“Ada 50 soal pilihan ganda yang harus dikerjakan peserta dalam waktu 60 menit,” ujar Dian Purnawan.

Untuk menghindari atau mengantisipasi adanya kecurangan, kata Dian pihaknya membuat soal yang dikerjakan peserta ini terbagi menjadi 2 tipe.

“Materinya seputar kepemiluan, mulai tugas wewenang PPS, proses pemutakhiran data dan lain sebagainya. Ada 2 tipe soal, yakni tipe A dan tipe B. Agar antar peserta tidak saling contek,” kata Dian.

Dian mengatakan, tes tulis ini, pihaknya turut melibatkan petugas Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Setelah itu, pihaknya akan mengkoreksi hasil tes tulis ini selama 3 hari. Selanjutnya, akan menetapkan 6 peserta dengan nilai tertinggi ditiap Desa/Kelurahan yang dinyatakan lolos, selanjutnya akan mengikuti tahap selanjutnya tes wawancara.

“Dari tes tulis ini kami akan mengumumkan 6 besar peserta, yang akan mengikuti wawancara. Untuk tes wawancara. Pengumuman tes wawancara akan diumumkan pada 8-9 Maret 2020,” terangnya.

Sedangkan jadwal tes wawancara, lanjut Dian KPU Banyuwangi menjadwalkan pada tanggal 11 hingga 14 Maret 2020. Lebih lanjut Dian mengatakan, untuk tes wawancara ini, terbagi menjadi 5 Daerah Pemilihan (Dapil). Setiap 1 komisioner KPU bertanggung jawab 1 Dapil.

“Anggota KPU kan ada 5, setiap komisioner KPU bertanggung jawab 1 Dapil,” tutupnya.

Tes tulis yang diselenggarakan oleh KPU Banyuwangi ini juga disaksikan Komisioner Bawaslu Banyuwangi. Bahkan Bawaslu dengan ketat mengawasi jalannya tes tulis calon anggota PPS. Mulai pembukaan lembar soal hingga memasukkan hasil tes ke dalam amplop dan tersegel mendapat pengawasan dari Bawaslu.

Meski suhu di ruangan GOR agak panas, para peserta tes tulis calon anggota PPS terlihat khusyuk menjawab soal demi soal. Tes tulis dimulai pukul 10.30 berjalan dengan cukup aman dan kondusif

(Kur/trf/banyuwang)

(Visited 55 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *