BPBD Bentuk Desa Tangguh Siaga Bencana

.Senen 24 februari
Situbondo, teropongreformasi.com

Memasuki Musim penghujan kabupaten Situbondo harus selalu siap menghadapi segala kemungkinan yang akan terjadi , maksud di bentuknya desa tangguh adalah menyiapkan segala sesuatunya untuk menghadapi segala bencana utamanya bila terjadi bencana alam apa yang harus di perbuat sebelum terjadi bencana dan pasca bencana seperti banjir bandang , angin puting beliung maupun lahar yang di akibatkan tanah longsor untuk itu BPBD badan penanggulangan daerah kabupaten Situbondo bekerja harus selalu siap siaga menghadapi segala kemungkinan yang akan terjadi bila terjadi musibah bencana .
Bertempat di Balai Desa Sidomukti kec .mlandingan BPBD dan BNPB bersama masyarakat Desa Selomukti membentuk Desa tangguh siaga guna memberikan pemahaman bila mana terjadi bencana secara tiba tiba . Hadir di tengah tengah acara muspika Kecamatan Mlandingan ada sekcam , Kapolsek , serta Danramil dan Kepala Desa Selomukti Dodit Haryanto SE Mba selaku tuan rumah.
Menurut BPBD untuk desa Selomukti biasa dan rentan terhadap bencana seperti bencana kebakaran hutan dan angin puti g beliung . bila terjadi bencana tidak harus menghindari dan lari . tapi menghadapi secara bersama sama dan mengurangi dampak dari bencana itu sendiri . Bila mana di suatu daerah terjadi bencana biasanya di awali dengan sebab , terjadi bencana banjir bandang yang datangnya dari atas gunung pasti di sana di sebabkan karena banyak penggundulan hutan sehingga bila hujan turun tidak ada penyerapan oleh akar pohon sehingga mudah u tuk longsor .ada sebab ada akibat pun juga bila mana terjadi kebakaran hutan pasti penyebabnya adalah kekeringan .untuk itu masyarakat di minta waspada dan mengenali tanda . tanda akan terjadi musibah bencana dan ada peringatan dini biar masyarakat tidak kaget .
BPBD memberikan bantuan dua tangki air kepada masyarakat desa Silomukti hususnya peserta diklat yang berkapasitas 5 ribu liter . Kades selomukti DODIK Haryanto merasa berterima kasih kepeda pemerintah daerah hususnya BPBD yang sudi memberikan edukasi terkait penanganan bencana .
Menurut Gatot selaku Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Gatot Trikorawan BPBD tujuan acara pembetukan Desa tangguh siaga bencana ialah memberikan edukasi apabila di suatu masing masing daerah terjadi bencana dan mengurangi dampak kerugian di bidang materiel jelas Gatot .(mis)

(Visited 61 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *