Penanaman Vetiver bersama Masyarakat, Kapolres dan Dandim Situbondo Sangat Peduli

Situbondo, teropongreformasi.com

Dihimpun dari berbagai sumber, kegiatan penanaman rumput vetiver di Plaza Rengganis Desa Baderan Kecamatan Sunbermalang Kabupaten Situbondo Kamis (20/2/2020), vetiver dikenal sebagai tumbuhan sejenis rerumputan yang di motori oleh Koramil Sumbermalang di bawah pimpinan Kapten Infantri M.Rahman dan di laksanakan juga oleh Muspika Kecamatan Sumbermalang bersama masyarakat yang kurang lebih sebanyak 500 orang, selanjutnya di hadiri oleh Kapolres dan Dandim Kabupaten Situbondo.

Seperti yang kita ketahui bahwa Sebenarnya ada banyak jenis vetiver, tapi yang diandalkan untuk menanggulangi bencana adalah Chrysophogon zizaionide, hal ini hasil konfrmasi dengan beberapa nara sumber yang ikut juga dalam penanaman Vetiver tersebut.

Rumput Vetiver tersebut yang kita ketahui adalah andalan Presiden Joko Widodo yang dengan tegas memerintahkan pemerintah daerah untuk menanam, hal ini untuk mencegah banjir dan longsor.

Dilansir dari beberapa nara sumber yabg di dapat Tim TR mengatakan bahwa vetiver menjadi salah satu solusi untuk menguatkan struktur tanah melalui akarnya yang dapat tumbuh hingga kedalaman 5 meter.

Di katakan bahwa Rumput Vetiver jenis Chrysophogon zizaionidesini bisa mencegah longsor dan banjir karena punya akar yang sangat kuat, setara dengan seperenam kawat baja. Supaya tanah bisa lebih kuat, vetiver perlu dilengkapi tumbuhan lain. Penguatan ini dinamakan ‘sistem vetiver’ dan yang di terapkan dalam penanaman saat ini ( Kamis, 20/02/2020 ). GITOK

(Visited 60 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *