Percepatan Pembangunan Desa Barurejo Menggandeng Beberapa Kampus Ternama

Banyuwangi, teropongreformasi.com

Ditemui terpisah Kepala Desa Barurejo Kecamatan Siliragung Banyuwangi, Ahmad Zaenuri, mengatakan Undang Undang No.6 tahun 2014 menjadi prolog bahwa desa sebagai ruang administrasi pembangunan. Diawali monitoring evaluasi, musyawarah desa, RPJMDes, RK Tahunan, APBDes sampai ke tahap implementasi. “Pembangunan desa tidak terpisah dari pengembangan kawasan perdesaan yakni kerjasama antar desa. Jadi semangat Undang-Undang Desa itu adalah kerjasama dengan jiwa gotong royong, bukan persaingan,” tegas Kades Barurejo saat diwawancari wartawan di balai desa kemarin.

Landasan hukum membangun kawasan perdesaan di pasal 83 ayat 2 UU No.6 tahun 2014 pembangunan kawasan perdesaan dilaksanakan dalam upaya mempercepat dan meningkatkan kualitas pelayanan, pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa di kawasan perdesaan melalui pendekatan pembangunan pastisipatif. “Di ayat satu untuk pasal dan undang-undang yang sama disebutkan perpaduan pembangunan antar desa yaitu mengutamakan nilai kerjasama bukan persaingan, penguatan sosial dengan posisi tawar masyarakat baik politik lokal termasuk local wisdom. Kemudian memperhatikan skala ekonomi dengan berorientasi pada ekonomi lokal. Terakhir mempertimbangkan kesatuan ekosistem dengan memperhatikan keberlanjutan sumberdaya alam dan lingkungan,” papar Kades Ahmad Zaenuri.

Percepatan pembangunan sektor ekonomi kerjasama pemerintah Desa Barurejo Kecamatan Siliragung Kabupaten Banyuwangi dan PT. Barurejo Jaya Sejahtera mendapat dukungan beberapa perguruan tinggi. Untuk teknologi peternakan dalam proses konfirmasi menggandeng Fakultas Peternakan Unibraw Malang. Pendamping kesehatan ternak dalam proses MoU dengan Fakultas Kedokteran Hewan Unair Banyuwangi. “Yang sudah berjalan pendampingan aplikasi sistem informasi bersama STIKOM Banyuwangi,” ungkap Pak Kades.

Poliwangi Banyuwangi juga mendampingi tata kelola manajemen kontruksi bangunan. Sedangkan untuk pendampingan pelatihan produk olahan dan budidaya tanaman buah serta manajement green house akan dilakukan FTP dan Fakultas Pertanian Universitas Jember. FENDIK KAWENTAR.

(Visited 17 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *