SIGMA Nailul Huda SMK Negeri 1 Bondowoso, Tumbuhkan Siswa Cintai Mesjid, Menanamkan Nilai -nilai Pancasila secara Keseluruhan

Drs. Moh. Hamka, M.MPd, Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Bondowoso

Bondowoso, teropongreformasi.com

Pendidikan anak merupakan kewajiban orang tua, Allah Ta’ala telah memerintahkan dalam Al-Quran, begitupula Rasululllah shallallahu alaihi wa sallam dalam haditsnya.

Firman Allah Ta’ala,

ياأيهاالذينآمنواقواأنفسكموأهليكمناراًوقودهاالناسوالحجارةعليهاملائكةغلاظشدادلايعصوناللهماأمرهمويفعلونمايؤمرون (سورةالتحريم: 6)

“Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.” (QS. At-Tahrim: 6)

“Wahai orang yang benar keimanannya terhadap Allah dan Rasul-Nya, ‘Peliharalah diri kalian,’ Hendaklah satu sama lain saling mengajarkan sesuatu yang membuat kalian dapat berlindung dan terhindar dari neraka, yaitu apabila mereka beramal dalam ketaatan kepada Allah. Sedangkan firman-Nya ” Dan (lindungi) keluarga kalian dari neraka “, Maksudnya adalah ajarkan keluarga kalian amal ketaatan kepada Allah yang dapat melindungi mereka dari api neraka. (Tafsir Ath-Thabari, 28/165)

KS saat memberikan petuah di lantai bawah

Firman Allah, Swt yang sudah di ajarkan kepada Seluruh Umat Islam tersebut benar – di jalankan oleh Drs. Moh.Hamka, M.MPd selaku Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Bondowoso yang beralamatkan di Jl. HOS Cokroaminoto No.110, Gudangmas, Kademangan, Kecamatan Bondowoso, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur 68217.

Mesjid Nailul Huda yang masih dalam proses pembangunan

Murid menurutnya adalah anak didik yang harus di beri pelajaran agar dapat memahami apa yang mereka tidak bisa, menjadikan siswa tidak hanya pintar dalam hal pendidikan umum, akan tetapi juga di tumbuhkan agar mencintai masjid sesuai dengan kegiatan yang di lakukan di SMK negeri 1 tersebut yaitu SIGMA ( Siswa Generasi Masjid – Red ) di Mesjid NAILUL HUDA yang memiliki arti Memperoleh Petunjuk.

Para Guru yang terjun langsung demi Berdirinya Mesjid

Kegiatan SIGMA adalah suatu kegiatan yang di laksanakan setiap hari di SMK Negeri 1 Bondowoso tersebut yaitu dengan melakukan kegiatan Sholat Dhuha rutin bagi seluruh siswa Mulai dari Kelas 10, 11 dan 12 secara bergantian serta kegiatan lain seperti Sholat Wajib dan Sholat Jumat, hal ini bertujuan untuk merubah karakter siswa, peduli dan mampu menanamkan nilai – nilai kebangsaan, nilai-nilai keagamaan sehingga yang namanya Pancasila dan rasa kebersamaan itu bisa terwujud karena proses yang di lakukan bersama dengan di awali oleh Proses Ketuhanan yang Maha Esa yang sudah menjiwai sila – sila yang lainnya, artinya dengan Melaksanakan Sila pertama tersebut di haruskan mengikuti petunjukNYA dan menjauhi laranganNYA.

KS saat menunjukkan lokasi bagi siswa yang nanti akan menginap

Di katakannya lagi dari kegiatan tersebut sudah terbukti hasilnya yaitu dengan meningkatnya prestasi karena sudah ada jiwa kepedulian dan rasa tanggung jawab, apalagi saat ini SMK Negeri 1 yang di pimpinnya akan mengembangkan Literasi, kesenangan membaca dan nantinya akan semakin berkembang secara bertahap untuk seluruh siswa didikannya.

Bentuk kepedulian pendidikan Agama yang di terapkan pada seluruh Siswa SMK Negri 1 tersebut dengan berusaha untuk mencintai Masjid di wujudkan dengan suatu Mesjid yang mapan, hal ini terbukti atas kebersamaan semua pihak, termasuk dari para wali murid yang ikut peduli terhadap putra – putri mereka.

Di jelaskan lagi bahwa dengan luas tanah 17 x 17 meter persegi di bangunlah sebuah Mesjid berlantaikan dua yang masing – masing mampu menampung siswa sholat lebih kurang sekitar 500 siswa, oleh karena itu dari jumlah siswa Secara keseluruhan sebanyak 1337 siswa di haruskan sholat secara bertahap, nanti juga akan di gunakan juga sebuah alat agar bisa mengabsen para siswa yang akan melaksanakan Sholat berjamaah tersebut.

” Untuk Masjid kami yang bernama Nailul Huda masih perlu banyak tambahan dalam pembangunannya ” ujarnya, di tambahkannya bahwa penambahan tersebut selain yang di lantai bawah juga di lantai atas serta untuk penginapan para siswa yang kurang mampu atau yang rumahnya jauh, jadi semacam pondok pesantren yang gratis untuk para siswa tersebut.

SIGMA sebuah kegiatan yang sebenarnya sudah di laksanakan oleh beberapa sekolah lainnya, akan tetapi untuk SMK Negeri 1 adalah baru pertama kali di Kabupaten Bondowoso, lokasi Mesjid selaku Rumah Allah yang baru satu – satunya bukan hanya berupa semacam Musholla, akan tetapi berupa Masjid yang sangat mapan, sehingga rasa kenyamanan bagi seluruh pengguna Masjid, dalam hal ini siswa dan siswi SMK 1 tersebut terlihat sangat kerasan dan sangat mencintai Masjid di sekolah mereka.

Sampai berita ini di tulis, semua bentuk kepedulian yang sudah di tumbuhkan oleh semua pihak demi kelangsungan kecintaan para siswa pada Mesjid Nailul Huda masih akan di tingkatkan lebih serius dengan membuat beberapa proposal lagi yang tujuan akhirnya adalah semakin menumbuhkan karakter siswa yang bukan hanya pandai dalam menempuh ilmu umum, akan tetapi juga ilmu Agama sehingga bisa menjadikan seorang Pemimpin dan atau pengusaha yang bukan hanya tanggung jawab terhadap diri sendiri, akan tetapi juga terhadap Agama dan Sesama. Wahyu

(Visited 110 times, 6 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *