PT Medco Power Indonesia Bisa Tingkatkan PAD Bondowoso Melalui Pengembangan Pembangkit Listrik Geothermal

Bondowoso, teropongreformasi.com

PT Medco Power Indonesia melalui anak perusahaannya PT. Medco Cahaya Geothermal saat ini sedang menggarap sebuah Proyek yang nantinya diharapkan bisa mengangkat PAD (Pendapatan Asli Daerah – Red) Kabupaten Bondowoso yaitu proyek pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (Geothermal).

Menurut keterangan Bpk. Sunarso selaku Wakil Kepala Teknik Panas Bumi kepada awak Media TR saat di temui di Hotel Arabica Kalisat Jampit Kecamatan Ijen baru lalu menjelaskan bahwa Energi panas bumi (atau energi geothermal) adalah sumber energi yang ramah lingkungan dan terbarukan. Uap air panas alami akan digunakan untuk menggerakkan turbin-turbin dan memproduksi listrik, dan setelah selesai dimanfaatkan, uap dan air panas ini akan dikembalikan lagi ke dalam bumi melalui sumur injeksi untuk memastikan proses ini berkelanjutan, hal ini terbarukan dan tidak mengganggu lingkungan.

Biaya eksplorasi dan juga biaya modal untuk Pembangkit Listrik Geothermal memang lebih tinggi dibandingkan pembangkit-pembangkit listrik lain yang menggunakan bahan bakar fosil. Namun, setelah mulai beroperasi, biaya produksinya rendah dibandingkan dengan pembangkit-pembangkit listrik berbahan bakar fosil tersebut.

Pemanfaatan Energi panas bumi di seputaran Wilayah Kawah Wurung ini sudah melalui survey serta pengkajian teknis selama lebih dari 5 tahun dan saat ini sedang di laksanakan persiapan pengeboran eksplorasi. Pipa air untuk keperluan pengeboran juga akan dibangun sepanjang 17 Km dari Blawan ke Kawah wurung.

Sunarso menegaskan, “ Semua sudah terencana dengan baik, beberapa pihak sudah di hubungi dan ini semua tujuannya adalah untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat “ tegasnya, di tambahkannya bahwa bentuk persiapan baik dalam masalah surat ijin dan lain sebagainya tidak ada masalah sama sekali.

Sampai berita ini di tulis, pekerjaan pemanfaatan geothermal masih tetap berjalan, harapan yang besar dari Sunarso dan seluruh Pekerja Proyek Geothermal ini adalah dukungan dari Masyarakat Bondowoso, karena hal ini selain bertujuan untuk meningkatkan PAD Bondowoso serta meningkatkan taraf hidup masyarakat yang nantinya akan mampu menyalurkan listrik atas kerja sama dengan Pihak PLN di dua Propinsi, hal ini secara otomatis bisa mengangkat nama Bondowoso ke depan, Bondowoso bisa Melesat secara nyata. Wahyu& Tim

(Visited 513 times, 25 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *