SDN 1 Bengkak wongsorejo Banyuwangi Tanamkan Karakter Baik Lewat Program Terarah

Banyuwangi , teropongreformasi.com

Sekolah menjadi lingkungan yang tepat untuk melatih anak memiliki kebiasaan baik, melalui berbagai kegiatan yang menyenangkan. Guru dapat menanamkan nilai-nilai karakter pada berbagai macam kegiatan agar anak menjadi lebih baik.

Seperti yang dilakukan SDN 1 Bengkak, Kecamatan Wongsorejo ,Kebiasaan baik yang diterapkan di sekolah ini diantaranya mulai dari kegiatan keagamaan, literasi, olahraga senam sebelu masuk kelas hingga kebersihan dan pembacaan Asmaul Husna di sekolah.

Kepala SDN 1 Eko Winarti puji Rahayu Spd , ketika ditemui media ini di ruang kerjanya, Senin lalu membenarkan bahwa menanamkan nila-nilai karakter baik dalam berbagai kegiatan akan menjadi kebiasaan bagi anak didik.

Kepala sekolah menuturkan, kegiatan yang dilakukan di SDN 1Bengkak selalu terjadwal. Misalnya, setiap Hari Senin menerapkan kebiasan untuk memupuk jiwa nasionalisme lewat upacara bendera. Pada Hari Selasa dilanjutkan dengan kegiatan keagamaan. Hari Rabu, senam bersama. Hari Kamis, literasi sekolah. Dan di Hari Jumat dan Sabtu pengembangan karakter cinta sekolah melalui gerakan bersih-bersih.

“Kegiatan ini terjadwal setiap hari sebelum masuk kelas. Tujuannya untuk membiasakan anak dan menumbuhkan karakter anak,” ujarnya.

Diakui oleh kepala sekolah setiap anak memiliki karakter yang berbeda-beda. Untuk membentuk karakter, maka diperlukan upaya pembiasaan dan pelatihan. Upaya itu bisa dibangun melalui pembelajaran dan pelatihan.

Kepala sekolah menambahkan, tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk meningkatkan penguatan pendidikan karakter di sekolah. Kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan siswa tersebut nantinya dapat menumbuhkan jiwa nasionalisme, jiwa sehat, percaya diri, jujur dan bertanggungjawab, peduli, serta jiwa gotong-royong.

(Kur/tr/bwi)

(Visited 42 times, 5 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *