Lahan Perkebunan Randu Mas Terbakar, Akibat Rumput Yang Semakin Mengering

Wonorejo, Banyuwangi, www.teropongreformasi.com 16/10/2019,

Lahan perkebunan Randu Mas seluas 10 hektare di kawasan Kecamatan Wongsorejo Banyuwangi terbakar, diduga akibat musim kemarau panjang.

Lahan tersebut berada di Blok B di Dusun Karang Baru Desa Wongsorejo yang di dalamnya terdapat pohon kapuk dan sengon serta ilalang juga rerumputan yang sudah mengering akibat panas berkepanjangan. 

Selain di Blok B, para pekerja panen kapuk juga melaporkan adanya kebakaran lahan yang jauh lebih besar di area Blok G dan Blok Santori.

Luasan lahan mencapai 200 hektar yang merupakan milik perusahaan PT Randu Mas. Namun yang terbakar saat ini seluas 10 Hektare.

Camat Wongsorejo Banyuwangi, Sulistyowati mengatakan, di wilayah setempat masih terjadi kemarau panjang sejak beberapa bulan terakhir, yang menyebabkan pepohonan dan rumput di area perkebunan dan hutan mulai mengering, 

“Kondisi ini rawan terjadi kebakaran,” ungkap Sulistyowati.

Menurut Sulistyowati, kebakaran di lahan Randu Mas ini kemungkinan di sebabkan karena adanya warga yang membuang puntung rokok sembarangan sehingga membakar ilalang dan api cepat merembet ke tanaman lain. Untung saja, api tidak sampai mengarah ke pemukiman penduduk yang berada di area perkebunan.randu mas

Pasalnya kata Sulistyowati, pihak perusahaan langsung berupaya memadamkan api dengan menggunakan mobil damkar milik pribadi dengan dibantu warga setempat. Selain itu, pemadaman ini juga dilakukan dengan memotong rambatan api agar tidak meluas.

Ia menjelaskan, hal ini sengaja dilakukan, mengingat angin bertiup cukup kencang di lokasi sehingga api cepat membesar.

kebakaran lahan perkebunan dan hutan juga beberapa kali terjadi di sejumlah kecamatan di Banyuwangi, utamanya di wilayah Wongsorejo  yang terdapat banyak pegunungan dan hutan.

Selain itu, pihak kepolisian Polsek Wongsorejo juga telah membentuk satgas kebakaran lahan yang melibatkan aparat 

hasil konfirmasi dengan Kapolsek wongsorejo, Iptu Kusmin membenarkan kejadian ini ,di wilayah kebun randu mas wongsorejo 

Anggota kami kerah kan di TKP membaur dengan warga serta anggota Koramil Wongsorejo,juga terlibat dalam memadamkan,api yang membakar lahan kebun milik randu mas,juga di bantu oleh anggota Koramil Wongsorejo Alhamdulillah berkat kesigapan anggota api bisa di padamkan.

# Pewarta : Harto Aksara

(Visited 10 times, 2 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *